Selasa, 19 Januari 2010

MASALAH SOSIAL DILINGKUNGAN SEKITAR

KERUSAKAN LINGKUNGAN


Alloh SWT menciptakan bumi ini untuk dihuni oleh makhluk-Nya. Kita sebagai makhluk-Nya wajib menjaga alam semesta ini. Tanpa kebesaran Alloh kita tidak akan bisa hidup dibumi ini. Alam yang indah ini harus kita jaga dan kita rawat untuk kelangsungan hidup manusia sekarang dan yang akan datang. Kita bisa malihat kebesaran Alloh, tanah yang kita pijak sangat ajaib, bayangkan saja tongkat kayu dan batu jadi tanaman, sungguh menakjubkan bukan?. Alam dengan kita saling mebutuhkan. Kita butuh alam untuk hidup, dan alam butuh kita untuk menjaga dan merawatnya.
Akhir-akhir ini kita melihat dan mendengar berita di TV mengenai tragedi bencana alam. Dimana-mana terjadi bencana alam, ada yang terkena tsunami, gempa bumi, tanah longsor, banjir. Semua bencana alam tersebut bisa terjadi karena lingkungan yang seharusnya kita jaga dan kita rawat tetapi kita malah merusaknya. Kerusakan hutan misalnya. Hutan merupakan paru-paru dunia, jika hutan dirusak maka tempat penyimpanan air tidak ada maka dari itu pada musim hujan bencana banjir dan tanah longsor terjadi. Kerusakan hutan terjadi karena orang-orang yang tak bermoral dan tak bertanggung jawab manfaatkan hutan dengan liar, pohon ditebangi secara liar tanpa aturan, mereka tidak memikirkan akibat yang terjadi jika pohon-pohon yang berada dihutan dihabiskan.
Kerusakan hutan juga mengakibatkan terjadinya global worming yang berakibat parah terhadap kehidupan makhluk dibumi. Suhu dibumi seakan-akan meningkat sehingga hutanpun terkadang bisa terbakar. Apalagi dikota-kota besar yang lebih banyak gedungnya dari pada pohonnya, tentu udarnya sangat panas.
Selaian masalah hutan masalah pembuangan sampah sembarangan menjadi penyebab terjadinya bencana alam. Sampah banyak dibuang dijalanan, sehingga menumpuk diselokan-selokan. Banyak pula sampah yang bertaburan disungai-sungai. Manusia merusak llingkungan tanpa belas kasihan. Pabrik-pabrik juga banyak yang mebuang limbahnya di sungai. Hal ini menyebabkan kerusakan sumber air bersih, padahal kita sangat membutuhkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.
Penyempitan lahan pertanian dan perhutanan juga berakibat buruk terhadap lingkungan, tempat pohon hidup dan berkembang sekarang digunakan untuk gedung-gedung mewah. Jika lahan terus dibangun gedung dima lagi pohon dan tanaman bisa tumbuh dan berkembang untuk melindungi kita?.





Adapun solusi yang perlu dilakukan untuk memecahkan masalah lingkungan tersebut adalah:
Pemisahan sampah organic dan non organic. Sampah organic bisa dikubur didalam tanah yang nantinya akan menjadi pupuk bagi tanh, sehingga tanh menjadi subur. Seeangkan sampah non organic bisa didaur ulang atau dibakar.
Mebuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan, karena akan menyebabkan bajir.
Membuat irigasi untuk persawahan.
Menggunakan listrik sesuai kebutuhan, jangan berlebihan, karena untuk menghemat energi yang ada dibumi.
Menggunakan bahan bakar berlebihan, karena bahan bakar di bumi semakin hari semakin berkurang, jika kita terlalu menghamburkan bahan bakar lama-lama bahan bakar akan habis.
Reboisasi (penghijauan kembali).
Tidak menebang pohon secara liar
Menjaga keanekaragaman hayati
Memberikan kesadaran pada diri kita dan orang lain untuk mau menjaga lingkungan sekitar kita.
Hentikan pembangunan gedung, perluas lahan pertanian dan perkebunan.
Bagi para pekerja pabrik, limbah dibuang ditempat yang sesuai, tidak di sumber air misalnya sungai, karena dapat mencemari sungai dan laut serta penghuninya



Kesimpulan : Dengan menjaga lingkungan kita akan hidup tenang karena alam juga akan menjaga kita. Manfaatkan alam sebaik mungkin untuk kepentingan bersama, bukan pribadi ataupun golongan.

“JAGALAH LINGKUNGAN SEPERTI HALNYA KAU MENJAGA DIRIMU SENDIRI”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar