Selasa, 19 Januari 2010

MASALAH PSIKOLOGI DAN ALTERNATIF SOLUSINYA

A.Deskripsi Masalah
Seorang anak perempuan berusia 18 tahun yang duduk dibangku SMK swasta di Purwokerto kelas 3, sebut saja dia Bunga (bukan nama sebenarnya) beberapa minggu terakhir ini tidak berangkat sekolah. Hingga akhirnya dari pihak sekolah datang kerumah untuk melihat keadaan Bunga, karena Bunga sudah tertinggal pelajaran terlalu jauh, padahal di harus mempersiapkan dirinya untuk UNAS yang akan dilakukan pada sekitar bulan maret. Jika dia terus tidak berangkat sekolah dikhawatirkan dia akan mengalami kesulitan dalam mengahadapi soal UNAS, yang dapat menyebabkan dirinya tidak lulus ujian. Padahal hasil ujian menentukan masa depannya.
Setelah ditelusuri ternyata Bunga memiliki masalah yang mungkin terlalu berat dipikul oleh seorang Bunga, anak seorang Lurah di Desanya. Bunga tidak mau berangkat sekolah karena dia tengah hamil 3 bulan dengan teman laki-lakinya yang berinisial DN yang kebetulan teman satu kelasnya kelasnya di sekolah.


B.Factor Penyebab Munculnya Masalah
Masalah yang dihadapi Bunga memang terlalu berat, adapun factor yang menyebabkan Bunga sampai terjerumus ke lembah kenistaan dan menyebabkan dia hamil diluar nikah dan akhirnya sekolahnya menjadi tidak lancar antara lain:
1)Pergaulan yang bebas
2)Kurangnya Iman dalam diri Bunga dan teman laki-lakinya
3)Kurangnya perhatian orang tua terhadap perilaku anak
4)Bunga merasa malu kepada teman-temannya dan tetangganya dengan kondisi yang dialaminya dan di juga telah membuat kedua orang tuanya malu padahal orang tuanya adalah orang ternama, jadi dia tidak mau keluar rumah, apalagi berangkat sekolah.




C.Faktor Utama
Faktor yang paling mendasar yang menyebabkan munculnya masalah adalah: karena pergaulan yang bebas tanpa kontrol dari orang tua,akhirnya Bunga terjerumus dalam hal yang membuat dirinya dan kedua orang tuanya malu, ahirnya sekolahnya pun menjadi kacau.


D.Alternatif Pemecahan Masalah
Masalah yang terjadi dalam diri Bunga memang terlalu berat untuk dipikul. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan alternatif untuk memecahkan masalah, sehingga Bunga dapat menyelesaikan pendidikan SMKnya sampai akhir, diantaranya adalah:
1)Menikahkan segera Bunga dengan DN, tetapi mereka tinggal dengan salah atu orang tua, agar mereka terpantau.
2)Memberikan dia kegiatan-kegiatan yang bersifat positif yang dapat memudarkan pikiran tentang masalah yang sedang di hadapinya.
3)Orang tua mengundang guru privat untuk memberikan pelajaran tambahan mengenai pelajaran yang kemarin tertinggal di sekolahnya.
4)Karena kandungan bunga yang semakin lama semakin membesar maka orang tua membiayai anak untuk mengikuti Home School. Anak sekolah dirumah dengan materi yang sama dan waktu yng sama, sampai ujian tiba, dia hanya berangkat sekolah untuk mengikuti ujian saja. Dengan begitu Bunga tidak akan merasa malu pada teman-temannya dengan kondisi perut yang semakin lama semakin membesar.
5)Memberikan teman untuk menemani Bunga dirumah, agar Bunga tidak merasa jenuh dan bosan .
6)Mengajak rekreasi keluarga, misalnya 2 minggu sekali. Agar pikiran Bunga menjadi lebih fress.
7)Bunga belajar lebih mendekatkan diri kepada Tuhanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar